BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan
pada hakekatnya merupakan proses memanusiakan manusia (humanizing human being).
Karena itu, semua yang ada dalam praktek pendidikan mestinya selalu
memperhatikan hakikat manusia sebagai makhluk Tuhan dengan fitrah, sebagai
mahkluk individu yang khas, dan sebagai mahluk sosial yang hidup dalam realitas
sosial yang majemuk. Untuk itu, pemahaman yang utuh tentang karakter manusia
wajib dilakukan sebelum proses pendidikan dilaksanakan. Namun demikian, dalam realitasnya
banyak praktek pendidikan yang tidak sesuai dengan misi tersebut.
Kenyataan
bahwa proses pendidikan yang ada cenderung berjalan monoton, teacher-centered,
top-down, mekanis, kognitif dan tujuan pendidikan kadang telah melenceng. Tidak
heran jika ada kesan bahwa praktek dan proses pendidikan Islam steril dari
konteks realitas, sehingga tidak mampu memberikan kontribusi yang jelas
terhadap berbagai problem yang muncul. Pendidikan (khususnya agama) dianggap
tidak cukup efektif memberikan memberikan kontribusi dalam penyelesaian
masalah. Karena itu, banyak gagasan muncul tentang perlunya melakukan perubahan
terhadap pendidikan, termasuk melakukan perubahan paradigma dari praktek
pendidikan yang selama ini berjalan.
Perlunya
fungsi Pendidikan yang harus dimaknai sebagai upaya untuk membantu manusia
mencapai realitas diri dengan mengoptimalkan semua potensi kemanusiaannya.
Dengan pengertian ini, semua proses yang menuju pada terwujudnya optimalisasi
potensi manusia, tanpa memandang tempat dan waktu, dikategorikan sebagai
kegiatan pendidikan. Sebaliknya, jika ada praktek yang katanya disebut
pendidikan ternyata justru menghambat berkembangnya potensi kemanusiaan dengan
berbagai bentuknya, maka ini justru bukan praktek pendidikan. Hanya saja, harus
disadari bahwa memang ada perbedaan metode atau strategi antara satu dengan
lainnya.
1.2
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini
1. Apa yang dimaksud pendidikan?
2. Apa Fungsi Pendidikan?
3. Bagaimana Fungsi pendidikan dalam
perkembangan manusia?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dari makalah ini adalah:
1. Mengetahui yang dimaksud pendidikan
2. Mengetahui fungsi pendidikan
3. Mengetahui fungsi pendidikan dalam
perkembangan manusia
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pendidikan
Dalam
Bahasa Indonesia, kata pendidikan terdiri dari kata didik yang mendapat awalan
pen dan akhiran an, yang berarti hal atau cara mendidik. Kata pendidikan sering
pula digunakan sebagai terjemahan kata education dalam Bahasa Inggris dan kata
tarbiyah dalam Bahasa Arab. Istilah pendidikan berasal dari kata didik dengan
memberinya awalan pe dan akhiran an, mengandung arti perbuatan (hal, cara dan
sebagainya). Istilah pendidikan ini semula berasal dari Bahasa Yunani yaitu
paedagogie yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak.
Proses
pendidikan merupakan perjalanan yang tak pernah terhenti sepanjang hidup
manusia dan merupakan hal yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. Oleh
karena itu, banyak bermunculan teori atau konsep mengenai pendidikan dengan
latar belakang, baik ruang maupun waktu yang berbeda, sehingga definisi
pendidikan pun menjadi berbeda-beda.
Dalam pengertian umum pendidikan menurut hasan langgulung bahwa pendidikan adalah proses pemindahan nilai pada suatu masyarakat kepada setiap individu yang ada didalamnya dan proses pemindahan nilai-nilai budaya melalui pengajaran. Pendidikan dapat diartikan dalam tiga macam
Dalam pengertian umum pendidikan menurut hasan langgulung bahwa pendidikan adalah proses pemindahan nilai pada suatu masyarakat kepada setiap individu yang ada didalamnya dan proses pemindahan nilai-nilai budaya melalui pengajaran. Pendidikan dapat diartikan dalam tiga macam
a. Pendidikan diartikan secara maha
luas
Yaitu
pendidikan sama dengan hidup adalah segala situasi dalam hidup yang
mempengaruhi pertumbuhan seseorang, dan pendidikan adalah pengalaman belajar
setiap orang sepanjang hidup
b. Pengertian diartikan sempit
Pendidikan
adalah sekolah atau persekolahan dan pengaruh yang diupayakan dan direkayasa
oleh sekolah terhadap anak dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mereka
mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap
hubungan-hubungan dan tugas-tugas social
c. Pengertian luas dan terbatas
Pendidikan
adalah pengalaman belajar dalam keseluruhan lingkungan hidup, baik disekolah
maupun diluar sekolah yang sengaja diselenggarakan untuk mencapai tujuan-tujuan
tertentu.
Dari berbagai pendapat yang dikemukakan para ahli tentang arti pendidikan, maka dapat kita tarik sebuah benang merah bahwa pendidikan adalah proses pemindahan nilai-nilai pada suatu masyarakat termasuk nilai budaya dalam pengajaran yang diselenggarakan di lingkungan sekolah mamupun diluar lingkungan sekolah dalam mencapai tujuan tujuan tertentu.
2.2
Fungsi Pendidikan
Menurut
Hasan Langgulung, pendidikan Islam ialah pendidikan yang memiliki macam fungsi
sebagai berikut:
a. Menyiapkan generasi muda untuk
memegang peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang. Peranan
ini berkaitan erat dengan kelanjutan hidup masyarakat sendiri.
b. Memindahkan ilmu pengetahuan yang
bersangkut dengan peranan tersebut dari generasi tua kepada generasi muda.
c. Memindahkan nilai-nilai yang
bertujuan memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat yang menjadi syarat
mutlak bagi kelanjutan hidup suatu masyarakat dan peradaban. Dengan kata lain,
tanpa nilai-nilai keutuhan dan kesatuan suatu masyarakat, maka kelanjutan hidup
tersebut tidak akan dapat terpelihara dengan baik yang akhirnya akan
berkesudahan dengan kehancuran masyarakat itu sendiri.
Menyikapi
fungsi pendidikan menurut Hasan Langgulung tersebut diatas, bahwa pendidikan
mempunyai tugas penting dalam menyiapkan calon-calon atau generasi baru yang
siap mengelola dan berperan aktif dalam mayarakat pada masa yang akan datang,
kemudian melangsungkan pengkaderan manusia untukmelanjutkan estafet kehidupan melalui
transfer ilmu pengetahuan dari para orang tua ke generasi muda, dan yang tak
kalah penting adalah mempertahankan kelangsungan kebudayaan dan peradaban yang
harus berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat.
Menurut
seorang pakar pendidikan Bogardus memberikan fungsi pendidikan melalui dua
macam :
a. Pendidikan berfungsi untuk
memberantas kebodohan
b. Menghilangkan salah pengertian
b. Menghilangkan salah pengertian
Yang
dimaksud dengan meberantas kebohohan tersebut adalah, melui proses pendidikan
seorang peserta didik akan diberi pelajaran mengenai cara belajar membaca dan
menulis kemudian mengembangkan pengetahuan dan kemampuan intelektual. Ketika
hal tersebut diatas diperoleh peserta didik, maka akan tercipta hasil budi,
yang kemudian menghasilkan tindakan untuk memilihbaik dan buruk serta memahami
arti kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.
Melalui
pendidikan akan menghilangkan kesalah pengertian, yang maksudnya adalah
pendidikan akan memberikan pemahaman bahwa selain kebudayaan yang dimiliki dan
berada dalam lingkungan satu individu, terdapat kebudayaan lainnya. Jika
individu memahami hal tersebut, maka akan mengerti hakikat hidup dalam
bermasyarakat yang menghargai dan bersosial.
Bagaimana fungsi pendidikan islam. Dalam hal ini Zakiah Daradjat mengambil tiga macam fungsi agama yaitu memberi bimbingan dalam hidup, menolong dalam menghadapi kesukaran, dan menentramkan batin.
Bagaimana fungsi pendidikan islam. Dalam hal ini Zakiah Daradjat mengambil tiga macam fungsi agama yaitu memberi bimbingan dalam hidup, menolong dalam menghadapi kesukaran, dan menentramkan batin.
Dalam
kehidupan tak lepas dari berbagaimacam masalah, baik berupa masalah ekonomi,
social, dan politik. Pendidikan agama berperan penting untuk menuntun manusia
kembali kejalan syariat agama, agar tidak keluar jalur keimanan. Ketika masalah
dihadapi oleh seseorang yang memiliki pendidikan agama, maka dalam agama
terdapat pendidikan-pendidikan yang memberikan solusi terhadap kesukaran yang
dihadapi. Dan agama membuat seseorang tentrammenghadapi masalah yang terjadi
dengan pengetahuan apa yang sedangdialaminya, apakah masalah yang didapat
berupa ujian, atau cobaan, ataukah azab.
Dalam
fungsi Pendidikan yang lain bahwa, pendidikan turut andil dalam memberikan
corak dan arah pada kehidupan pada masyarakat mendatang. Sesuai penjelasan
diatas dengan pendidikanlah bibit atau penerus masa depan yang di didik dan
dibina minat dan bakat sesuai tempat dan keadaan serta keperluan masa depan.
Jika salah dalam mendidik maka akan tercipta generasi-generasi yang tidak
sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.
2.3
Pendidikan dalam perkembangan manusia
Pendidikan
merupakan sistem untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek
kehidupan. Dalam sejarah umat manusia, hampir tidak ada kelompok manusia yang
tidak menggunakan pendidikan sebagai alat pembudayaan dan peningkatan
kualitasnya. Pendidikan dibutuhkan untuk menyiapkan anak manusia demi menunjang
perannya di masa datang. Upaya pendidikan yang dilakukan oleh suatu bangsa
memiliki hubungan yang signifikan dengan rekayasa bangsa tersebut di masa
mendatang. Dengan demikian, pendidikan merupakan sarana terbaik untuk
menciptakan suatu generasi baru pemuda-pemudi yang tidak akan kehilangan ikatan
dengan tradisi mereka sendiri tapi juga sekaligus tidak menjadi bodoh secara
intelektual atau terbelakang dalam pendidikan mereka atau tidak menyadari
adanya perkembangan-perkembangan disetiap cabang pengetahuan manusia.
Pendidikan
merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang
berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan selalu berkembang, dan selalu
dihadapkan pada perubahan zaman. Untuk itu, mau tak mau pendidikan harus
didisain mengikuti irama perubahan tersebut, apabila pendidikan tidak didisain mengikuti
irama perubahan, maka pendidikan akan ketinggalan dengan lajunya perkembangan
zaman itu sendiri.
Bagi
perkembangan manusia pendidikan adalah. Pertama transformasi budaya dari
generasi ke generasi, mempertahankan unsure-unsur esensi dari kebudayaan dengan
membuka diri pada usur positif dari luar. Kedua Pendidikan bertanggung jawab
terhadap generasi masa kini, artinya pendidikan tidak dapat pejam mata terhadap
pengangguran dan harus mewujudkan kesejahteraan dalam kehidupan. Ketiga dalam
tugas yang paling berat pendidikan adalah menyiapkan generasi masa depan dalam
perkembangan kehidupan, yang dulu hidup dalam keadaan tradisional harus
mempersiapkan generasi yang mampu menerobos kehidupan modern dan berperan
aktif.
BAB III
KESIMPULAN
Pendidikan adalah proses pemindahan nilai-nilai pada suatu
masyarakat termasuk nilai budaya dalam pengajaran yang diselenggarakan di
lingkungan sekolah mamupun diluar lingkungan sekolah dalam mencapai tujuan
tujuan tertentu
Fungsi Pendidikan adalah menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang, memindahkan ilmu pengetahuan, memindahkan nilai-nilai yang bertujuan memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat, untuk memberantas kebodohan, menghilangkan salah pengertian, memberi bimbingan dalam hidup, menolong dalam menghadapi kesukaran, dan menentramkan batin.
Fungsi Pendidikan adalah menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang, memindahkan ilmu pengetahuan, memindahkan nilai-nilai yang bertujuan memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat, untuk memberantas kebodohan, menghilangkan salah pengertian, memberi bimbingan dalam hidup, menolong dalam menghadapi kesukaran, dan menentramkan batin.
Pendidikan bagi perkembangan hidup sebagai transformasi
budaya dari generasi ke generasi bertanggung jawab terhadap generasi masa kini
menyiapkan generasi masa depan dalam perkembangan kehidupan
DAFTAR PUSTAKA
HAR. Tilaar, Manajemen Pendidikan
Nasional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung 2003.
Hasan Langgulung, Pendidikan dan
Peradaban Islam, Pustaka Husna, Jakarta, 1985.
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam,
CV. Pustaka Setia, Bandung, 1998.
Redja Mudyaharjo, Filsafat Ilmu
Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung 2004.
Wiliam F. O’neil, Ideologi-ideologi
Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yokyakarta, 2002.
Zakiah Daradjat, Metodik Khusus
Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1995
Genesis Plus for mobile (Mod APK) - Videoodl.cc
BalasHapusGenesis Plus is youtube to mp3 ringtone a 5 star mobile slot from GameArt that comes with 4 reels, 4 rows, and 3 rows. Play Genesis plus for free!