Sabtu, 31 Januari 2015

jenis jenis kelapa

kelapa genjah



http://ilmubiologi.com/wp-content/uploads/2013/02/gambar-pohon-kelapa.jpg
 










Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.
Karakteristik dan Habitat Pohon Kelapa
Kayu Gelugu di Klaten, Jawa TengahPohon Kelapa memiliki batang tunggal atau terkadang bercabang. Akar serabut, tidak tipis serta berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada tempat berpasir pantai. Batang beruas-ruas tetapi apabila telah tua tidak terlampau terlihat, khas jenis monokotil dengan pembuluh menyebar ( tidak konsentrik ), berkayu. Kayunya kurang baik dipakai untuk bangunan. Daunnya merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh amat dalam hingga terlihat layaknya daun majemuk. Bunganya tersusun majemuk pada bagian rangkaian yang dilindungi oleh bractea ; ada bunga jantan serta betina, berumah satu, bunga betina terdapat di pangkal karangan, namun bunga jantan dibagian yang jauh dari pangkal.












Kelapa gading (Cocos Nucifera Varietes Eburnea) adalah pohon kelapa yang dikenal paling cepat berbuah dibandingkan pohon kelapa lainnya. Selain itu, kelapa gading juga lebih unggul dalam jumlah buah. Biasanya pohon kelapa gading berbuah lebih lebat daripada pohon kelapa lainnya.



 












Kelapa gading juga biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias sehingga bisa ditanam di pekarangan ataupun di belakang rumah. Daging buahnya yang lebih lembut dan lebih tebal juga menjadi kelebihan tersendiri bagi kelapa gading sehingga akhir-akhir ini banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia.

 

BUDIDAYA TANAMAN KELAPA SAWIT

Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit kedua dunia setelah Malaysia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.
Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya dapat mencapai 24 meter. Akar serabut tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapatkan tambahan aerasi.


 









Budidaya kelapa genjah sekarang semakin diminati oleh pecinta tanaman ataupun pemilik perkebunan. Kenaikan produksi kelapa genjah dikarenakan semakin bertambahnya lokasi penanaman kelapa genjah yang dikarenakan adanya transmigrasi, adanya proyek pemerintah (ex: PRPTE), perubahan orientasi petani, serta adanya penggantian kelapa yang sudah tua. Disamping itu menanam kelapa genjah juga tidak begitu sulit dibandingkan jenis tanaman lainnya. Cara penanamannya pun cukup mudah, bibit langsung di tanam ke tanah, perlu digaris bawahi bahwa tanaman ini bisa di tanam di semua jenis lahan, jarak tanam cukup bekisar 5-10 m per pohon, cukup terkena sinar matahari, serta pemberian pupuk yang teratur. Untuk memanen kelapa genjah ini, kita tidak usah menunggu terlalu lama karena umur panen kelapa genjah lebih cepat dan mampu menghasilkan buah lebih banyak









Budidaya kelapa hibrida itu sangat mudah, kelapa hanya perlu ditanam kedalam tanah. Tanah yang cocok untuk menanam bibit kelapa hibrida adatal tanah berpasir, berabu gunung dan bertanah liat dengan PH tanah 5,2 sampai 8. Sebaiknya di tanaman di daerah yang lapang yang cukup terkena sinar matahari supaya produksi kelapa hibrida akan baik. Curah hujan antara 1300-23—mm/th. Apabila terjadi kekeringan maka produksi buah akan berkurang 50% sedangkan kelembaban tinggi akan menyebabkan serangan penyakit jamur.
         Tanaman Kelapa mempunyai manfaat dari semua bagian pohonnya, mulai dari akar sampai dengan daging kelapanya. Tidak perlu saya sebutkan karena tanaman ini memang kaya manfaat yang semua oraang pasti sudah mengetahuinya.




 








Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupat dan juga atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate).




Nira
Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi 7,5 sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh dengan memotong bunga betina yang belum matang, dari ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dankental. Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut gula kelapa. Nira juga dapat dikemas sebagai minuman ringan.





Kulit luar
Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin dengan warna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga, tergantung kepada kematangan buah. Jika tidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air.




Sabut kelapa.
Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dari berat keseluruhan buah. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiap butir kelapa mengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 % dari sabut).


 





Tempurung kelapa


 










Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15~19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.


Daging kelapa
Daging kelapa merupakan bagian yang paling penting dari komoditi asal pohon kelapa. Daging kelapa yang cukup tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, dan minyak goreng. Sedang daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman cocktail dan dijadikan selai.







Air kelapa
Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.






KLIPING
 


PERTANIAN BUDIDAYA KELAPA
KELAS : IX B

                                                                                                 



DISUSUN OLEH KELOMPOK : 3
NAMA :
- dian rahma putri
- siti muanishan
- nia apriyanti
- endra agus setiawan
- Verdi pambayu
- aldi setiawan
SMP NEGERI 1 BUAY MADANG
OGAN KOMERING ULU TIMUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar